tag:blogger.com,1999:blog-38163199351815009392023-11-15T07:11:48.198-08:00KKG PAI JAWA BARATkkgpaijawabarathttp://www.blogger.com/profile/09118751834455088482noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-3816319935181500939.post-12072577887475042722011-10-15T19:50:00.000-07:002011-10-15T19:50:32.974-07:00RAMBU-RAMBU KKG ATAU MGMP<div align="center" class="MsoNormal" style="color: black; line-height: normal; text-align: center;"><b><a href="http://infopendidikankita.blogspot.com/2010/08/rambu-rambu-kkg-mgmp.html"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 13.5pt;">Rambu-Rambu KKG atau MGMP</span></a></b></div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; text-align: justify;"><br />
</div><div class="MsoNormal" style="line-height: normal; text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;">DAFTAR ISTILAH</span></b><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kegiatan profesional bagi guru SD/MI/SDLB di tingkat kecamatan yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) adalah Unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan Nasional yang memiliki tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi dengan menyelenggarakan fungsi: pemetaan mutu, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu, supervisi, fasilitasi sumberdaya pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dalam penjaminan mutu pendidikan; dan pelaksanaan urusan administrasi. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah kegiatan profesional bagi para guru mata pelajaran yang sama pada jenjang SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK di tingkat kabupaten/kota yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Organisasi KKG atau MGMP adalah pengaturan baku minimal tentang struktur kepengurusan, keanggotaan, dan legalitas administrasi KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Pembiayaan KKG atau MGMP adalah pengaturan baku minimal tentang sumber dana, penggunaan, dan pertanggungjawaban penggunaan dana KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. Pengelolaan KKG atau MGMP adalah pengaturan baku minimal tentang proses pelaksanaan program KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. Pengembangan KKG atau MGMP adalah upaya memberikan nilai tambah dari keadaan KKG atau MGMP yang ada saat ini mencakup input, proses, dan output yang dihasilkan dari kegiatan KKG atau MGMP. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 9. Pemantauan dan Evaluasi KKG atau MGMP adalah proses untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas dan kinerja KKG atau MGMP dalam manajemen dan pelaksanaan kegiatan secara konsisten dan berkelanjutan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 10. Programme in International Student Assessment (PISA) adalah sebuah survei tiga tahunan dengan tujuan untuk mengukur tingkat melek (literacy), bukan hanya tingkat pengetahuan siswa dengan mengklasifikasi pencapaian siswa ke dalam sejumlah tingkatan, yaitu lima untuk membaca dan masing-masing enam untuk matematika dan sains. Sasaran survei adalah siswa usia 15 tahun, yaitu usia menjelang akhir masa wajib belajar. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 11. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) adalah Lembaga unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan Nasional yang memiliki tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan tingkat nasional sesuai dengan bidangnya dengan melaksanakan fungsi: penyusunan pengembangan dan pemberdayaan, pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi, fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi, evaluasi dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, dan pelaksanaan urusan administrasi P4TK. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 12. Sekolah Inti adalah sekolah dengan persyaratan tertentu yang layak dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 13. Sumber Daya Manusia adalah guru, instruktur, tutor, kepala sekolah, pengawas sekolah, fasilitator, widyaiswara, dosen, serta pejabat struktural terkait dan non struktural di kabupaten/kota/provinsi/pusat sebagai pembimbing dalam kegiatan KKG atau MGMP. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 14. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) adalah kegiatan rutin yang dirancang untuk meneliti trend pengetahuan dan kemampuan Matematika dan IPA anak-anak usia 13 tahun yang dilakukan oleh organisasi yang bergerak di bidang penilaian dan pengukuran pendidikan IEA (The International Association for the Evaluation of Educational Achievement).</span><br />
<br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<div style="text-align: center;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>BAB I</b></span><br />
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> PENDAHULUAN</span></b></div><b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> A. Latar Belakang</span></b><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesional guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai petugas profesional. Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru, agar bermakna.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 ayat (b) mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Pernyataan undang-undang di atas pada intinya mempersyaratkan guru untuk memiliki: (i) kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV; (ii) kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (iii) sertifikat pendidik. Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesional lainnya. Kegiatan tersebut sangat dimungkinkan dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG), atau di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengingat wadah ini dijadikan sebagai tempat melakukan pertemuan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran sejenis.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Berkaitan dengan peran forum pertemuan guru di KKG atau MGMP yang sangat strategis untuk peningkatan kompetensi guru dan kinerja guru, maka pemberdayaan KKG atau MGMP merupakan hal mendesak yang harus segera dilakukan. Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru, antara lain melalui berbagai pelatihan instruktur, peningkatan sarana dan prasarana, dan peningkatan mutu manajemen KKG atau MGMP. Laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan KKG atau MGMP menyebutkan, masih banyak KKG atau MGMP yang belum menunjukkan peningkatan kinerja yang berarti. Di beberapa daerah peningkatan kinerja KKG atau MGMP cukup menggembirakan, namun di sebagian besar daerah lainnya masih memprihatinkan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Disamping itu belum adanya rambu-rambu/petunjuk yang dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dan pengurus KKG atau MGMP dalam melakukan aktivitas kelompok kerja atau musyawarah kerja serta belum intensifnya program pendampingan yang dilaksanakan instruktur terhadap guru sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan KKG atau MGMP. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Dengan lebih terstrukturnya kegiatan guru yang dilakukan di KKG atau MGMP diharapkan dapat diperhitungkan ekuivalensinya dengan satuan kredit semester (sks) bagi guru yang akan melanjutkan ke jenjang S1 atau pemberian angka kredit bagi guru untuk mengajukan kenaikan kepangkatan. Berdasarkan hal tersebut, penyelenggaraan KKG atau MGMP perlu direvitalisasi agar pelaksanaan kegiatan lebih terstruktur. Berkenaan dengan hal tersebut Ditjen PMPTK melalui Direktorat Profesi Pendidik mengembangkan panduan penyelenggaraan KKG atau MGMP sebagai berikut: (1) Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP, (2) Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP, dan (3) Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di KKG dan MGMP. Diharapkan panduan ini dijadikan pegangan bagi KKG atau MGMP agar aktivitas yang dilaksanakan dapat lebih terarah dan dapat dijadikan wahana bagi pengembangan profesionalisme guru yang bermutu, mandiri, dan berkelanjutan. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>B. Dasar Hukum</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan daerah.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>C. Tujuan </b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Tujuan disusunnya rambu-rambu ini adalah untuk memberikan acuan bagi para pengelola KKG atau MGMP di daerah agar dapat menyelenggarakan kegiatan secara mandiri, bermutu, dan berkelanjutan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>D. Hasil yang diharapkan</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Dengan adanya revitalisasi kegiatan di KKG atau MGMP hasil yang diharapkan dapat: </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, seperti penyusunan dan pengembangan silabus, Rencana Program Pembelajaran (RPP), menyusun bahan ajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), membahas materi esensial yang sulit dipahami, strategi/metode/ pendekatan/media pembelajaran, sumber belajar, kriteria ketuntasan minimal, pembelajaran remedial, soal tes untuk berbagai kebutuhan, menganalisis hasil belajar, menyusun program dan pengayaan, dan membahas berbagai permasalahan serta mencari alternatif solusinya;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. memberi kesempatan kepada guru untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif bagi guru;</span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. memberdayakan dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas guru di sekolah dalam rangka meningkatkan pembelajaran sesuai dengan standar;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. mengubah budaya kerja dan mengembangkan profesionalisme guru dalam upaya menjamin mutu pendidikan;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik dalam rangka mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. mengembangkan kegiatan mentoring dari guru senior kepada guru junior; dan</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. meningkatkan kesadaran guru terhadap permasalahan pembelajaran di kelas yang selama ini tidak disadari dan tidak terdokumentasi dengan baik.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>E. Tantangan (Isu Strategis)</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Mutu peserta didik Indonesia, saat ini masih kalah bersaing dengan negara-negara lain, bahkan di kawasan ASEAN. Hal ini terlihat dari beberapa indikator berskala internasional (antara lain melalui TIMSS dan PISA), dimana peserta didik usia 15 tahun (untuk siswa kelas II SMP) masih menunjukkan prestasi yang kurang menggembirakan. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Masih banyak guru yang memiliki kualifikasi akademik di bawah ketentuan sebagaimana diamanatkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mensyaratkan kualifikasi akademik guru sekurang-kurangnya S1 atau D-IV. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Jumlah guru di Indonesia sekitar 2,7 juta orang tidak memungkinkan seluruhnya dapat mengikuti kegiatan peningkatan profesionalisme secara tatap muka di LPMP, P4TK, atau lembaga penyelenggara pelatihan lain dalam waktu singkat. Kegiatan tersebut dimungkinkan dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Basis kerja guru tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang merupakan pulau-pulau dan bahkan sebagian di antaranya merupakan daerah terpencil.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Terbatasnya jumlah perguruan tinggi yang memiliki program studi tertentu yang dibutuhkan oleh guru dalam upaya peningkatan kualifikasi akademiknya. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Pelaksanaan sertifikasi guru hanya satu kali sepanjang masa tugas guru. Dengan demikian, perlu adanya sistem peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan tersebut dimungkinkan dapat dilakukan di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. Sebagian guru cenderung hanya sebagai pengajar daripada pendidik, sehingga dalam memberikan pendidikan karakter anak belum terbangun dengan baik.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. Kekhasan daerah mewarnai perbedaan tingkat penanganan berbagai permasalahan, termasuk permasalahan yang terjadi di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 9. Terbatasnya kesempatan yang memfasilitasi pengembangan diri bagi guru dan belum menyentuh semua guru.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 10. Kurangnya dukungan dari pemangku kepentingan terhadap kegiatan KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 11. Ketidaksesuaian latar belakang guru dalam mengajar dengan mata pelajaran yang diampunya (mismatch) menjadi kendala bagi guru dalam mengikuti kegiatan di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>F. Indikator Keberhasilan</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Terwujudnya peningkatan mutu pelayanan pembelajaran yang mendidik, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Terjadinya saling tukar pengalaman dan umpan balik antar guru anggota KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Meningkatnya pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kinerja anggota KKG atau MGMP dalam melaksanakan proses pembelajaran yang lebih profesional ditunjukkan dengan perubahan perilaku mengajar yang lebih baik di dalam kelas.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Meningkatnya mutu pembelajaran di sekolah melalui hasil-hasil kegiatan KKG atau MGMP oleh anggotanya.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Termanfaatkannya kegiatan KKG atau MGMP bagi guru, siswa, sekolah, KKG atau MGMP, dan pemerintah (pusat, provinsi, dan kabupaten/kota).</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>G. Manfaat</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Bagi Siswa</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Siswa berpeluang untuk memperoleh proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Akumulasi dari proses pembelajaran tersebut di atas, diharapkan akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Bagi Guru</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Meningkatnya kompetensi guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat penilaian.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Meningkatnya kompetensi dalam menyelenggarakan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Terhimpunnya dokumen portofolio untuk proses sertifikasi, kenaikan jabatan fungsional guru, dan pengakuan hasil belajar.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d. Terfasilitasinya menjadi anggota atau pengurus organisasi profesi guru yang sesuai dengan bidang yang diampunya.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Bagi Sekolah</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Adanya kaitan antara pendidikan dan pelatihan guru di KKG atau MGMP dengan pembenahan pembelajaran di sekolah.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Tersedia guru yang profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Kemudahan dalam pengelolaan keikutsertaan guru dalam pendidikan dan pelatihan di KKG atau MGMP dengan meminimalisasi dampak negatif akibat guru sering meninggalkan tugas mengajar karena keikutsertaan dalam pelatihan-pelatihan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Bagi KKG atau MGMP </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Terwujudnya KKG atau MGMP sebagai wadah komunikasi, pembinaan, dan peningkatan profesi dan karier guru yang terpercaya.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Bagi Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Tersedianya model pembinaan organisasi profesi guru yang profesional untuk meningkatkan mutu pembelajaran.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><span style="font-family: "Cambria Math","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<div style="text-align: center;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>BAB II</b></span><br />
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> PENGEMBANGAN KKG DAN MGMP</span></b></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengembangan KKG dan MGMP yang dibahas berikut ini meliputi: Organisasi, Program dan Kegiatan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, serta Pemantauan dan Evaluasi.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>A. Organisasi</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Dasar hukum penyelenggaraan kegiatan KKG atau MGMP sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru, perlu dilengkapi dengan: </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Surat Penetapan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk KKG, Surat Penetapan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Struktur Organisasi KKG atau MGMP, sebagaimana contoh berikut. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Gambar 1. Contoh Struktur Organisasi KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Organisasi KKG atau MGMP mengatur kepengurusan dan keanggotaan dengan berbagai tugas pokok dan fungsinya.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Organisasi KKG atau MGMP terdiri dari pengurus dan anggota.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Pengurus KKG atau MGMP terdiri dari: satu orang ketua, satu orang sekretaris, satu orang bendahara, dan tiga orang ketua bidang, yaitu (1) bidang perencanaan dan pelaksanaan program; (2) bidang pengembangan organisasi, administrasi, sarana dan prasarana; dan (3) bidang hubungan masyarakat dan kerjasama.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Pengurus KKG atau MGMP dipilih oleh anggota berdasarkan AD/ART.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Anggota KKG atau MGMP berasal dari guru sekolah negeri dan guru sekolah swasta, baik yang berstatus PNS maupun bukan PNS.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Anggota KKG terdiri dari guru kelas, guru pendidikan agama, guru penjasorkes, dan guru lain di SD/MI/SDLB yang berasal dari 8 – 10 sekolah atau disesuaikan kondisi daerah setempat dan pembentukannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Anggota MGMP terdiri dari guru mata pelajaran di SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK/MAK (setiap mata pejalaran membentuk MGMP), yang berasal dari 8 – 10 sekolah atau disesuaikan dengan kondisi daerah setempat dan pembentukannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>B. Program</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Program KKG atau MGMP pada dasarnya merupakan bagian utama dalam pengembangan KKG atau MGMP. Program tersebut harus selalu merujuk pada usaha peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Setiap program dan kegiatan KKG atau MGMP diharapkan memiliki kerangka program yang mencakup hal-hal sebagai berikut:</span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Kerangka dasar dan struktur program kegiatan KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Kerangka dasar program kegiatan KKG atau MGMP merujuk kepada pencapaian empat kompetensi guru, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, social, dan kepribadian. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Struktur Program </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Struktur program kegiatan KKG atau MGMP terdiri dari program umum, program inti/pokok, dan program penunjang dengan uraian sebagai berikut.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Program umum adalah program yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada guru tentang kebijakan-kebijakan pendidikan di tingkat daerah sampai pusat, seperti kebijakan terkait dengan pengembangan profesionalisme guru. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Program inti adalah program-program utama yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru. Program inti dapat dikelompokkan ke dalam program rutin dan program pengembangan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1) Program rutin terdiri dari: </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a) Diskusi permasalahan pembelajaran. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b) Penyusunan dan pengembangan silabus, program semester, dan rencana program pembelajaran.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c) Analisis kurikulum</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d) Penyusunan laporan hasil belajar siswa.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> e) Pendalaman materi.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> f) Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang mendukung tugas mengajar.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> g) Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2) Program pengembangan dapat dipilih sekurang-kurangnya lima dari kegiatan-kegiatan berikut.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a) Penelitian, diantaranya Penelitian Tindakan Kelas/Studi Kasus.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b) Penulisan Karya Ilmiah. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c) Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil penelitian), dan diskusi panel.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d) Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> e) Penerbitan jurnal dan buletin KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> f) Penyusunan dan pengembangan website KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> g) Kompetisi kinerja guru.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> h) Pendampingan pelaksanaan tugas guru oleh pembimbing/tutor/ instruktur/ fasilitator di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> i) Lesson study (suatu pengkajian praktik pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu plan, do, see yang dalam pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar, guru pelaksana, dan guru mitra).</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> j) Profesional Learning Community (komunitas belajar profesional)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> k) TIPD (Teachers International Profesional Development)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> l) Global Gateaway</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> m) Program lain yang sesuai dengan kebutuhan setempat.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Program penunjang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta KKG atau MGMP dengan materi-materi yang bersifat penunjang seperti bahasa asing, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dll.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Kewajiban anggota KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Setiap anggota KKG atau MGMP berkewajiban untuk:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. menghadiri dan mengikuti kegiatan-kegiatan di KKG atau MGMP sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. membayar iuran sesuai dengan kesepakatan anggota KKG atau MGMP;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. mengiplementasikan hasil kegiatan di KKG atau MGMP di sekolah masing-masing; dan </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d. berperan aktif dalam setiap pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Materi Kegiatan KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Setiap KKG atau MGMP perlu mengembangkan materi kegiatan KKG atau MGMP yang mengacu kepada empat kompetensi guru dan program yang telah ditetapkan. Untuk melihat sejauh mana materi-materi yang dipilih dalam program/kegiatan KKG atau MGMP, diperlukan penyusunan indikator pencapaian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Kalender Kegiatan KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Setiap KKG atau MGMP perlu menyusun kalender kegiatan yang terdiri dari kalender kegiatan bulanan, semesteran, dan tahunan. Sekurang-kurangnya kalender kegiatan KKG atau MGMP dilaksanakan 12 kali dalam satu tahun.</span></div><div style="text-align: justify;"><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>C. Sumber Daya Manusia</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Sumber daya manusia untuk mendukung kegiatan KKG atau MGMP terdiri dari nara sumber utama dan nara sumber pendukung.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Nara sumber utama pada kegiatan KKG atau MGMP berasal dari unsur-unsur berikut:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Guru (anggota)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Instruktur/fasilitator</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Tenaga fungsional lainnya</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Nara sumber pendukung pada kegiatan KKG atau MGMP berasal dari unsur-unsur berikut:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Kepala Sekolah</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Pengawas Sekolah</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Tenaga struktural di Dinas Pendidikan</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Tenaga struktural/non struktural dari instansi lainnya </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Nara sumber tersebut harus memiliki kriteria, yaitu:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. keahlian yang relevan dengan materi yang disampaikan atau pakar di bidang tertentu yang khas atau unik dan telah diakui keberadaannya;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. kepribadian dan kemampuan sosial yang baik. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>D. Sarana dan Prasarana</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah inti penyelenggaraan pertemuan KKG atau MGMP harus memiliki sarana dan prasarana minimal sebagai berikut.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Komputer</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. OHP/LCD Proyektor</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Telepon dan Facsimile</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Sarana dan prasarana tambahan antara lain:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Laboratorium IPA (jika memungkinkan terpisah antara Fisika, Kimia, dan Biologi) berikut alat dan bahan /zat kimia)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Laboratorium Bahasa</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Laboratorium Komputer (Ruang Multimedia)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Perpustakaan dengan jumlah dan jenis buku yang cukup bervariasi</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Audio Visual Aids (AVA) </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Handycam</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. Kamera Digital </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. Sambungan Internet </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 9. Davinet (Digital Audio Visual Network)</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 10. Ruang dan peralatan lain yang sesuai dengan kebutuhan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>E. Pengelolaan</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengelolaan KKG atau MGMP sebagai wadah peningkatan kompetensi dan pengembangan profesionalisme guru meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Perencanaan Program KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Perencanaan program KKG atau MGMP meliputi penyusunan:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. visi; </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. misi; </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. tujuan; dan</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d. rencana kerja. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Pelaksanaan Program KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Pedoman Kerja KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> KKG atau MGMP membuat dan memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Struktur Organisasi KKG atau MGMP </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1) Struktur organisasi KKG atau MGMP berisi tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi yang diuraikan secara jelas dan transparan. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2) Semua pimpinan dan anggota mempunyai uraian tugas, wewenang, dan tanggungjawab yang jelas tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi KKG atau MGMP. </span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Kegiatan KKG atau MGMP </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Kegiatan KKG atau MGMP dilaksanakan dengan: </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1) berdasarkan kepada rencana kerja tahunan dan disesuaikan dengan kebutuhan;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2) memperhitungkan sumber pendanaan yang dimiliki oleh KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Selanjutnya pengelolaan kegiatan KKG atau MGMP menjadi tanggungjawab pengurus KKG atau MGMP. Para anggota melaksanakan kegiatan dengan berpedoman pada program kerja yang disusun oleh pengurus.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Evaluasi Program KKG atau MGMP </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Pengurus mengevaluasi setiap kegiatan sebagaimana yang tertera pada rencana program tahunan </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Pengurus melaporkan pelaksanaan program KKG atau MGMP dan mempertanggungjawabkannya pada rapat pengurus serta anggota dalam bentuk laporan pada akhir tahun pelajaran yang disampaikan sebelum penyusunan rencana kerja tahunan berikutnya. Laporan yang telah dipertanggungjawabkan, disampaikan ke Dinas Pendidikan.</span></div><div style="text-align: justify;"><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>F. Pembiayaan</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pembiayaan KKG atau MGMP disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing. Biaya pelaksanaan program kegiatan KKG atau MGMP ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain: besar kecilnya jumlah sekolah, letak geografis, insentif nara sumber, dan pemeliharaan sarana dan prasarana.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pembiayaan kegiatan KKG atau MGMP mencakup sumber dana, penggunaan, dan pertanggungjawaban. Sumber dana kegiatan KKG atau MGMP dapat berasal dari:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Iuran Anggota,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Komite Sekolah/Dewan Pendidikan, </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 5. Kementerian Pendidikan Nasional,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 6. Hasil Kerjasama,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 7. Masyarakat,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 8. Sponsor yang tidak mengikat dan sah,</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 9. Block Grant</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengurus setiap KKG atau MGMP menyusun biaya operasional dengan pengelolaannya diatur sebagai berikut. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Dana KKG atau MGMP digunakan untuk membiayai program rutin dan program pengembangan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 4. Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, dipertanggungjawabkan kepada seluruh anggota dan dilaporkan kepada pemberi dana.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Selanjutnya pengelolaan biaya investasi dan operasional KKG atau MGMP disosialisasikan kepada seluruh anggota KKG atau MGMP untuk menjamin tercapainya pengelolaan dana secara transparan dan akuntabel. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>G. Pemantauan dan Evaluasi</b></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pelaksanaan program KKG atau MGMP sebaiknya disertai dengan sistem pemantauan dan evaluasi. Melalui pemantauan dan evaluasi yang terprogram serta pembinaan yang berkelanjutan, diharapkan hasil kegiatan KKG atau MGMP dapat dipertanggungjawabkan dan diakui oleh pihak-pihak yang terkait seperti: guru sebagai anggota, kepala sekolah, pengawas sekolah, Dinas Pendidikankabupaten/Kota/Provinsi, P4TK, LPMP, dan Perguruan Tinggi.</span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1. Pengertian Pemantauan dan Evaluasi KKG atau MGMP</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pemantauan dan evaluasi merupakan proses untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas dan kinerja KKG atau MGMP dalam manajemen dan pelaksanaan kegiatan secara konsisten dan berkelanjutan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pemantauan dan evaluasi ini disusun untuk memberikan acuan tentang faktor-faktor yang terkandung dalam proses pemantauan dan evaluasi , yaitu: siapa, apa, mengapa, dan bagaimana pemantauan dan evaluasi tersebut dapat dijalankan. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pentingnya pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP di masa mendatang tentang keberadaan suatu KKG atau MGMP tidak tergantung pada pemerintah, melainkan pada penilaian para pemangku kepentingan (stakeholders), yaitu: guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dunia kerja, pemerintah, dosen, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan tentang mutu penyelenggaraan KKG atau MGMP dimaksud. Agar keberadaannya terjamin, maka KKG atau MGMP harus menjalankan sistem pemantauan dan evaluasi yang standar dan berkualitas. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Faktor-faktor yang terkandung dalam pemantauan dan evaluasi KKG atau MGMP, antara lain input, proses, dan output dari kegiatan KKG atau MGMP, yang diuraikan sebagai berikut.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Input</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pemantauan dan evaluasi dimulai dari proses input yang mencakup komponen organisasi, program kegiatan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pembiayaan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Proses</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pemantauan dan evaluasi di dalam kegiatan proses pelaksanaan KKG atau MGMP mencakup keterlaksanaan kegiatan sesuai dengan yang telah ditetapkan di dalam input. Komponen yang akan dipantau di dalam kegiatan proses adalah persiapan dan pelaksanaan program kerja yang didukung dari komponen-komponen input. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Output</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Hasil-hasil yang diperoleh dari kegiatan KKG atau MGMP sesuai dengan program kerja yang direncanakan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2. Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pemantauan dan evaluasi dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> A. Evaluasi Mandiri</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> KKG atau MGMP melakukan evaluasi mandiri dua kali dalam setahun dengan menggunakan contoh instrumen sebagaimana pada Lampiran. Hasil evaluasi mandiri ini merupakan bahan dan lampiran laporan kegiatan secara keseluruhan. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> B. Pemantauan Internal </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengawas Sekolah, Tim UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Tim Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Tim LPMP, Tim P4TK, Tim Dinas Pendidikan Provinsi, dan Tim Ditjen PMPTK memantau pelaksanaan kegiatan guru di KKG atau MGMP dengan menggunakan contoh instrumen sebagaimana pada Lampiran. Setiap tim membuat laporan hasil pemantauan dan mendiseminasikannya kepada pihak terkait. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> C. Pemantauan Eksternal </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Kegiatan pemantauan eksternal dilakukan oleh pihak ketiga yang independen, dengan instrumen disusun sendiri oleh pemantau eksternal. Kegiatan yang dipantau mencakup kegiatan operasional maupun kegiatan teknis akademis. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3. Persyaratan Pemantauan dan Evaluasi </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Agar pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP dapat dilaksanakan dan mencapai tujuannya, diperlukan beberapa prasyarat yang harus dipenuhi yaitu: komitmen, perubahan paradigma, sikap mental, dan pengorganisasian pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> a. Komitmen</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Para pelaku proses kegiatan KKG atau MGMP, harus memiliki komitmen yang tinggi untuk senantiasa menjamin dan meningkatkan mutu KKG atau MGMP yang diselenggarakannya. Tanpa komitmen dari setiap anggota KKG atau MGMP, pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP tersebut akan mengalami kendala, bahkan mungkin tidak akan berhasil. Berbagai cara dapat dipilih untuk menggalang komitmen dari semua guru tergantung dari klasifikasi, struktur, sumber daya, visi dan misi, dan manajemen di KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> b. Perubahan Paradigma</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Paradigma evaluasi kegiatan KKG atau MGMP, yaitu KKG atau MGMP harus menjaga dan meningkatkan mutu guru melalui program dan kegiatan yang diselenggarakan sesuai visi yang diwujudkan melalui pelaksanaan misi dan memenuhi kebutuhan para anggotanya. Berdasarkan paradigma tersebut, tugas pengawasan oleh pemerintah dan/atau pemerintah daerah terbantu, sehingga akuntabilitas KKG atau MGMP bisa meningkat, dan para pemangku kepentingan (stakeholders) berperan lebih besar dalam menentukan mutu guru melalui program serta kegiatan KKG atau MGMP.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> c. Sikap Mental</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Anggota atau pengurus KKG atau MGMP dalam melaksanakan kegiatan di KKG atau MGMP harus memiliki sikap mental dengan prinsip ”rencanakan pekerjaan anda dan kerjakan rencana anda”. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> d. Pengorganisasian</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Pengorganisasian dan mekanisme pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP disesuaikan dengan pengembangan organisasi yang disepakati. </span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> e. Kiat</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Agar terwujud pemantauan dan evaluasi kegiatan KKG atau MGMP sesuai harapan, maka kegiatan berikut harus dilaksanakan, yaitu:</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 1) menyelenggarakan pengarahan/pembimbingan agar tumbuh pemahaman, antusiasme, dan komitmen dalam pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi;</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 2) menyusun rencana pemantauan dan evaluasi yang jelas, rinci, dan realistik; dan</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> 3) menghubungi pihak-pihak yang kompeten sebagai fasilitator dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi.</span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Hasil pemantauan dan evaluasi digunakan sebagai tindak lanjut kegiatan KKG atau MGMP, agar wadah ini dapat berperan sebagaimana diharapkan dalam upaya peningkatan dan pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). </span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><span style="font-family: "Cambria Math","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> </span><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"></span><br />
<div style="text-align: center;"><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> <b>BAB III</b></span><br />
<b><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> PENUTUP</span></b></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP disusun untuk meningkatkan kinerja KKG dan MGMP sebagai wadah atau organisasi pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru. Banyak harapan terwujud melalui wadah ini antara lain terpenuhinya standar minimal profesionalisme pengembangan KKG dan MGMP yang diharapkan akan menjadi salah satu alternatif yang secara langsung dapat meningkatkan profesionalisme guru. Lebih lanjut, KKG dan MGMP diharapkan menjadi gugus kendali dan penjaminan dalam rangka peningkatan mutu guru secara berkelanjutan.</span><br />
<span style="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12pt; line-height: 115%;"> Di samping sebagai upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru, hasil-hasil pelaksanaan program KKG dan MGMP diharapkan dapat dimanfaatkan antara lain untuk: a) peningkatan kualifikasi akademik bagi guru yang belum memiliki ijazah S1 atau D-IV; dan b) pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan bagi guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik. </span></div>kkgpaijawabarathttp://www.blogger.com/profile/09118751834455088482noreply@blogger.com1